Kebiasaan Sehari-hari untuk Mencegah Munculnya Jerawat

Bagi banyak orang, jerawat telah menjadi bagian tak terpisahkan dari setiap tahapan kehidupan.

Tentu saja ini bukan sesuatu yang menyenangkan karena bisa memengaruhi kepercayaan diri dan harga diri terutama di kalangan anak muda.

Baik sedang mengalami masalah jerawat atau tidak, siapa pun yang ingin menghindari masalah kulit tersebut bisa mengikuti beberapa aturan sederhana untuk menjaga kesehatan kulitnya.

Ram Malkani, konsultan dermatologis di India, membahas beberapa kebiasaan sehat yang harus diikuti untuk membantu mengatasi jerawat.

Hati-hati Menggunakan Retinol dan 2 Bahan Skincare Ini, Ada Efek Sampingnya pada Kulit “Pertama, penting untuk memahami penyebab jerawat.

Jerawat terjadi karena penyumbatan saluran kelenjar sebaceous.

Kelenjar minyak menjadi aktif karena hormon laki-laki, testosteron, yang dikeluarkan saat pubertas – ketika anak laki-laki menjadi remaja laki-laki dan perempuan menjadi gadis,” dia menjelaskan.

Menurutnya, ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk membantu kulit agar tidak berjerawat.

“Mencuci muka dua kali sehari adalah suatu keharusan.

Gunakan pembersih wajah yang lembut.

Pastikan untuk mencoba menjaga berat badan, dan periksa tiroid pada anak perempuan,” katanya.

Berbicara tentang mitos yang mengelilingi topik ini, dia mengimbau masyarakat untuk tidak menjadi korbannya.

Salah satu mitos yang banyak dipercaya adalah hubungan antara ketombe dan jerawat.

“Ketombe yang berjatuhan di wajah tidak selalu menyebabkan jerawat, cokelat juga tidak selalu menyebabkan jerawat.

Segala sesuatu (seperti coklat) harus dimiliki dan dinikmati secukupnya.” 3 Tips Perawatan Kulit Malam Hari yang Disarankan Ahli Dia juga berbicara tentang pentingnya kesehatan usus.

“Pastikan tidak sembelit.

Makan pepaya, pisang, dan sayur-sayuran,” ujarnya.

Ada berbagai hal lain yang boleh dan tidak boleh dilakukan jika memiliki kulit berjerawat.

Di akun Instagram, dokter kulit dan ahli trikologi Suyomi Shah membagikan daftar kebiasaan yang harus diikuti oleh siapa pun yang memiliki kulit berjerawat.

-Cuci wajah dengan pembersih yang lembut setiap hari di pagi dan sore hari untuk menghilangkan kotoran.-Gunakan ujung jari untuk mengaplikasikan produk perawatan kulit dan hindari menggunakan perangkat apa pun atau bahan yang keras.-Gunakan produk perawatan kulit yang lembut dan tidak menyebabkan iritasi.-Miliki rutinitas penghilang stres setiap hari.

Mulailah lebih memikirkan kesejahteraan sendiri, mulailah menjalani hidup bebas stres dan rileks.-Hindari menggosok kulit karena itu dapat memperburuk jerawat.-Jalani diet seimbang yang sehat.-Gunakan sampo secara teratur sesuai dengan jenis rambut.-Ganti seprai setidaknya setiap minggu.

Jika ada kotoran dan minyak di seprai, itu akan menempel di kulit saat tidur.-Bilas wajah dan tubuh dengan air hangat, dan hindari mandi air panas.-Jauhkan tangan dari wajah.

Menyentuh kulit sepanjang hari dapat menyebabkan jerawat dan peradangan.

INDIAN EXPRESS Pilihan Editor: Cara Melindungi Skin Barrier agar Kulit Tidak Rentan Alergi dan Iritasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *